Tongseng Kikil

Assalamu'alaykum


Beberapa hari terakhir ini saya sedikit sibuk , cieee.....jadi gak sempat update blog.
Sibuknya emak emak kadang keliatan gak penting yah. Sibuk jalan ke pasar Tanah Abang pemirsa hahahahah 😁😁😁 Tiga hari lalu saya diajak tetangga pergi ke Tanah Abang buat cuci mata. Niat awal memang cuci mata. Tapi pulangnya bawa 4-5 kantung kresek wkwkwk.... Tau deh kenapa setan selalu mengganggu saya ketika pergi ke Tanah Abang. Selalu dan selalu kalah melihat gamis, baju dan tas cantik cantik di sana. Pulang dari Tanah Abang saya deg degan kalo bapaknya anak anak manyun melihat apa yang saya bawa. Alhamdulillah beliau santai aja melihat bininya keluyuran ke Tanah Abang dan pulang bawa barang yang kadang entah kapan saya akan memakainya (sekarang baru berasa malu deh karena lapar mata 🙈🙈🙈)

Well kembali ke resep ya. Setelah saya libur masak sehari karena diajak ngebolang ke Tanah Abang, saya harus kembali ke dapur untuk masak masak lagi. Karena bapaknya anak anak doyan banget tongseng, kali ini saya buatin tongseng aja. Dan beliau doyan, bisa makan kikilnya karena dipresto dulu (giginya banyak yang keropos akibat merokok). Resepnya sama dengan yang dulu. Hanya bahan utamanya diganti kikil yang kenyil kenyil.

Note :
* Resep di bawah menggunakan bumbu gule kering. Jika tidak ada bisa diganti bumbu gule basah/pasta yang biasanya ada di super/minimarket itu ya. Mereknya bebas sesuai selera aja

Bahan :
500 gr kikil sapi
5 lbr daun jeruk
2 buah cabe merah keriting, potong bulat-bulat
4 sdm kecap manis
2 sdm penuh bumbu gule kering, siap pakai
1 liter santan encer dari 1/4 butir kelapa
Garam, gula dan merica bubuk secukupnya
5 lembar kol/kubis, potong kasar
1 butir tomat merah, potong kasar
bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1/8 sdt klabet
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe

Bumbu yang lain :
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
1/5 butir biji pala, memarkan
2 buah bunga pekak/lawang
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan

Cara membuat
1. Cuci bersih kikil sapi. Rebus bersama daun jeruk menggunakan pressure cooker selama 30 menit sampai empuk. Pastikan kikil terendam air. Setelah pressure cooker bisa dibuka, potong kikil bentuk dadu, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis kayumanis, cengkih, kapulaga, biji pala dan bunga pekak sampai wangi. Tuangkan bumbu halus, menyusul daun salam,serai dan lengkuas serta cabe merah. Masak sampai bumbu matang sambil diaduk aduk sampai agak kering.

3. Masukkan kikil, aduk rata. Masukkan kecap manis dan bumbu gulai. Beri garam, gula dan merica. Tuangkan santan, masak sampai mendidih dan bumbu meresap. Koreksi rasanya

4. Terakhir masukkan kol dan tomat. Aduk sebentar dan angkat, taburi bawang goreng. Sajikan panas bersama nasi putih.




Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Belanjaan dari Tanah Abang buat saya aja, mba Rina. hehehe...

Tongseng. Sering dengar tapi belum pernah liat wujud aslinya.

Tongseng tuh masakan dari Solo, Jateng mb Sitti (kadang panggil mb Sitti, kadang mb Ima 😁). Aslinya dari daging kambing kemudian dimasak bersama kuah gule kambing, kecap manis dan beberapa bumbu lain. Jadi pedagang sate kambing di Solo pasti ada Tongseng, karena dia menjual gule kambing juga. Kayak penjual nasi goreng yang bisa masak mie/bihun, fu yung hai atau kwetiaw gitu mbak.

Itu hasil ngebolang di Tanah Abang asli bikin tengsin deh hahahah...udah gitu kemarin tetangga yang berbeda mau ngajakin ke sana lagi karena tempo hari beliau berhalangan.
Gimana coba, apa saya bisa nolak ya hahahah

Nah ini masalahnya, kalau kikil sampai empuk kenyil-kenyil justru kurang gimana gitu. Itu kalau bagi saya yang giginya masih setajam gigi macan.

Tongseng, itu memang dari solo. namanya diambil dari hasil bunyi saat memasak tongseng. Bunyi hasil perpaduan wajan dan sotil.

Oh... gitu ya, mba.
Makasih udah capek-capek ngetik buat menjelaskan ya, mba. Nggak pegel kan jarinya? hehehe...

Hahaha...
Jangan ditolak, mba. Hasil ngebolangnya kirim ke sini aja. Hihihi....

ha ha ha... serunya belanja ya.. sampe bawa kantong belanja 5 gitu..kebayang deh..
dulu pernah ke tanah abang mba, duh duh.. ga kuat rame banget.. sekarang pasti tambah rame ya.. dan pastinya ga kuat lapar mata ini..ha ha ha..

aku sampe sekarang ga suka kikil mba, ga tau kenapa he he he..

Hahahah....enak yang rada keras ya mas. Lha bapaknya anak anak giginya udah gak kuat kalo disuruh ngunyah yang keras

Waduuuuhhh diriku gempor mb Monica pulang dari tanabang. Untung pulang naik GrabCar, bisa langsung duduk dan kalo perlu tidur. Jika naik KRL, aduuuhhh setengah mati deh. Bisa gandulan di dalam KRL hihihi...

Percaya gak, diriku doyan kikil gegara ngeblog hahahah....buat variasi masakan di blog. Dulu juga gak doyan sama kikil. Gimana gitu ya. Tapi sekarang enjoy aja makan kikil hihihi.....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon