Pizza Roll

Assalamu'alaykum


Sudah beberapa lama saya gak bikin roti rotian ya.
Ketika cek kulkas ternyata ada saus bolognaise di dalamnya. Kepikiran bikin pizza nih. Dan ketika belanja sayur saya beli ayam sekalian karena mendadak pingin pizza roll. Cara bikinnya seperti cinnamon roll.  Pizza roll ini diberi filling ayam lada hitam. Setelah filling disebar di atas permukaan adonan kemudian digulung. Dan saus bolognaise selain sebagai campuran filling, diperlakukan sebagai topingnya juga. Untuk keju saya pakai keju cheddar aja karena gak punya mozzarella. Untuk resep roti saya menggunakan terigu all purpose flour. Tetep enak dan empuk kok meski tidak menggunakan terigu protein tinggi.

Bahan roti :
500 gr terigu serbaguna
2 sdm susu bubuk
50 gr gula pasir
8 gr ragi/instant yeast
1 butir telur utuh
200 ml air es
50 gr mentega tawar
½ sdt garam halus

Bahan filling :
400 gr ayam fillet, potong dadu
1 butir bawang bombay, cincang
½ sdt lada hitam, gerus/tumbuk
1 sdt garam
2 sdt gula pasir

Pelengkap :
250 gr saus bolognaise siap pakai
200 gr keju parut (cheddar atau mozzarela)
Oregano secukupnya

Cara membuat :
1. Filling : panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay sampai layu. Masukkan ayam dadu. Menyusul lada hitam, garam dan gula. Aduk rata dan koreksi rasanya. Tambahkan kaldu bubuk jika suka. Setelah pas matikan api dan dinginkan.

2. Roti : campur terigu, susu bubuk, gula dan instant yeast, aduk rata. Buat lubang di tengah, masukkan telur. Tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menggumpal dan sedikit lengket. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis. Bulatkan, tutup kemudian fermentasikan sampai mengembang 2 kali lipat atau lebih.

3. Ambil adonan kemudian tipiskan berbentuk persegi dengan ketebalan 1 cm.  Beri 1/2 bagian saus bolognaise, ratakan. Taburkan 1/2 keju parut, ayam lada hitam dan oregano. Dimulai dari sisi panjang, gulung seperti swiss roll sambil dipadatkan. Potong- potong jadi 20 bagian. Letakkan di atas loyang. Rapikan bentuknya. Biarkan mengembang gembul sekitar 50% dari besar semula.

4. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang siap panggang. Beri 1 sdm saus bolognaise sebagai toping. Taburi keju parut dan oregano. Panggang sampai kuning kecoklatan.



Allah SWT berfirman:

وَمَا مِنْ دَآ بَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَ يَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ  كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

"Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)."
(QS. Hud: Ayat 6)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Aduh... jadi ngiler euy...

Saya juga udah lama banget nggak bikin rerotian, mba.

Yuk bikin. Yang no knead bread aja. Resep Sangjin Ko is recommended. Empuk gak kalah dengan roti ulenan.

Di sini ovennya ada di gudang, mba.
Nggak enak mau dikeluarkan. Saya kan numpang. Trus nggak ada teflon juga. Timbangan juga nggak liat.

Makanya tuh saya bebikinan bahan dari kemasan melulu. Biar nggak timbang-menimbang. Peralatan tempur adanya di kampung, mba.

Posting an Ayatnya spt isi ceramah ustadz Hanan Attaki yg judulnya Keep Happy

mba Rina, itu pizza rollnya sedap nian kayaknya...rasanya mau deh nyomot itu gambar yang di bawah

Embyerrr mb Monica. Enak. Apalagi yang motongin ayam rada gedean jadi berasa banget pas digigit hihihii.....

Waaaa lupa diriku kalo mb Sitii masih numpang hahahah

Entar aja kalo udah pulang. Bisa berantakin dapur sendiri hihihi.....Puas puasin bikin aneka makanan yang bermacam macam

Masuk spam ini komennnya ternyata. Untung buka spam.

Sebenarnya saya mencantumkan ayat Quran biar pembaca bisa baca di mana saja. Ayat di blog ini dicantumkan biasanya saya lagi kena, dan mak jleb mbak. Perasaan hampir tiap hari saya merasa selalu ditegur soalnya hahahah....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon