Roti Isi Unti Kelapa Pandan

Assalamu'alaykum


Sebelum nulis resep saya mau membayar janji saya kemarin, tentang alasan kenapa absen ngeblog sampai seminggu lamanya.
Sebenarnya saya absen ngeblog dikarenakan sedikit sibuk. Sibuk tapi sibuk yang gak jelas hahahah 😂😂😂😂 yang pasti sih minggu yang lalu saya sibuk latihan jadi MC cieeeee...... Saya ditunjuk jadi MC pengajian bulanan secara mendadak. Dan itu yang membuat sedikit gelagapan. Saya pikir jadi MC tuh udah disiapkan script/naskah oleh panitia. Eh gak taunya disuruh bikin sendiri wkwkwkwk 😂😂😂 jadilah saya browsing mencari naskah/teks MC pengajian. Di internet memang bejibun naskah seperti itu dan saya memerlukan waktu untuk menyusunnya, sesuai kondisi dan situasi yang diperlukan nantinya. Itulah yang memakan waktu. Belum lagi harus edit sana sini, coret ini, coret itu, mirip kayak nyusun Tugas Akhir waktu kuliah duyu hihihi.....Nah setelah naskah siap, mulai deh latihan di rumah. Sambil ngadep cermin di kamar, saya baca naskah sambil suaranya dimerdu merduin wkwkwkwk 😂😂😂😂 Beneran deh, kalo ingat pas latihan itu, saya masih ngakak sampai sekarang. Dan itu berlangsung selama berhari hari. Jika diingat, terakhir kali jadi MC pas upacara bendera jaman sekolah dulu hahahahah....udah tahun jebot, puluhan tahun yang lalu. Ketika hari H tiba saya bener bener sudah siap jadi MC. Alhamdulillah setelah tugas menjadi MC selesai saya lega, haaaaaahhhhh 😇😇😇😇

Nah, kembali ke resep. Karena anak anak lagi libur panjang, mereka rada bengong karena emak absen bikin cemilan. Kan emaknya sibuk bikin script dan latihan mau jadi MC hihi....Orang rumah rindu sama roti buatan emak. Baiklah emak buatin roti ya. Kali ini pakai isi kelapa parut. Kebetulan punya kelapa parut beku di freezer. Unti kelapa ini dimasak seperti biasa seperti bikin unti untuk dadar gulung. Tapi diberi tambahan mentega supaya lebih yahud rasanya. Selain itu mentega berfungsi sebagai pengikat supaya kelapa mudah dibentuk dan tidak buyar. Supaya cantik, diberi pasta pandan. Untuk adonan roti saya pakai No-Knead Bread resepnya Sangjin Ko. Adonan diberi tepung ketan supaya sedikit legit. Alhasil, roti sukses dihabisi orang rumah. Alhamdulillah....

Bahan unti kelapa pandan :
250 gr kelapa agak muda, dikupas kulit ari, diparut memanjang
100 ml air
½ sdt pasta pandan (boleh homemade atau sintetis)
4-5 sdm gula pasir
⅛ sdt garam
4 sdm mentega tawar

Bahan :
375 ml susu cair
100 gr gula pasir
4 gr garam (1 sdt)
8 gr ragi instan
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung ketan
50 gr mentega/margarin, cairkan

Olesan : 2 sdm susu kental manis + 1 sdm minyak goreng

Cara membuat unti :
1. Unti kelapa pandan : campur air, pasta pandan, gula dan garam. Masak sampai mendidih. Masukkan kelapa parut, aduk rata sampai air mengering. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula pasir. Setelah kering, masukkan mentega tawar. Aduk sampai mentega meleleh dan rata. Matikan api, dinginkan.

2. Bentuk adonan bulat bulat. Masukkan kulkas supaya lebih padat. Sisihkan.

Cara membuat roti:
1. Dalam wadah besar, masukkan susu cair, gula, garam, aduk sampai larut

2. Taburkan ragi instan, diamkan 5 menit sampai ragi tercampur dengan air, setelah itu diaduk rata

3. Masukkan semua terigu dan tepung ketan sambil diayak, aduk dengan sendok kayu sampai rata  Adonan yang terbentuk kenyal. Tambahkan mentega cair, aduk rata. Tutup dengan plastik wrap. Istirahatkan 20 menit di suhu ruang.

4. Kempiskan adonan, taburi dengan sedikit terigu, bulatkan adonan menjadi bulatan besar dengan cara menarik permukaan roti kearah bawah. Letakkan lagi di wadah, tutup lagi.

4. Istirahatkan 20 menit lagi, kempiskan, bulatkan, lalu tutup lagi.

5. Istirahatkan 20 menit. Setelah itu kempiskan dan bulatkan lagi. Tutup dengan plastik, masukkan lemari es/kulkas selama 5-6 jam atau semalam. Jika ingin segera dibentuk dan dioven juga boleh. Tapi saya pilih semalam (adonan dimasukkan ke dalam wadah besar ya karena tetap bengkak gede keesokan harinya).

6. Siapkan loyang lebar berdinding rendah, alasi kertas roti dan olesi minyak/margarin.

7. Keluarkan adonan dari kulkas, dan kempeskan. Selagi dingin bagi adonan menjadi @ 50gr. Bulatkan. Istirahatkan 10 menit supaya rileks.

8. Giling adonan bentuk oval, beri isi unti kelapa. Gulung sambil dipadatkan sehingga berbentuk oval. Letakkan di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis.

9. Tutup adonan menggunakan serbet lembab, fermentasikan sampai naik 70%.

10. Panaskan suhu oven 200'C. Olesi roti dengan olesan. Panggang selama 20-25 menit sampai golden brown. Keluarkan dari oven, segera olesi mentega supaya tidak kering.

Hasil : 15-16 pcs




Allah SWT berfirman:

اَللّٰهُ الَّذِيْ جَعَلَ لَـكُمُ الْاَرْضَ قَرَارًا وَّالسَّمَآءَ بِنَآءً وَّصَوَّرَكُمْ فَاَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ   ۗ  ذٰ لِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ  ۚ  فَتَبٰـرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

"Allahlah yang menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap dan langit sebagai atap dan membentukmu lalu memperindah rupamu serta memberimu rezeki dari yang baik-baik. Demikianlah Allah, Tuhanmu, Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam."
(QS. Ghafir: Ayat 64)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon