Cake Kukus Coklat Pandan

Assalamu'alaykum



Lagi rajin di dapur neh. Jika dihitung, agak lama juga saya gak pegang mixer. Setelah ada Breadmaker di rumah, bawaannya bikin rotiiii mulu hihi...
Perasaan kemarin kangen banget sama mixer alias pingin bikin cake. Setelah obok-obok blog sendiri, saya kepincut dengan resep lama Brownies Kukus Ketan Coklat Pandan. Jika resep tersebut berbahan tepung ketan, kali ini saya ganti terigu saja. Proses pembuatan sama. Lapisan tengah juga sama, pake choco rice dan keju parut. Setelah matang, enak dan lembut khas cake kukus. Moist dan spongy. Rasanya nano nano. Coklat, keju dan pandan. Bagi yang seneng dengan rasa rame, bisa cocok. Saya pribadi suka dengan rasa ini. Lapisan coklat masih berasa matching dengan keju (apalagi dengan choco rice). Keju, masih matching juga dengan pandan. Tapi hal ini belum tentu cocok juga bagi lidah orang lain. Bisa berasa aneh 😁😁😁 Alhamdulillah, orang di rumah doyan aja dengan eksperimen cake, yang kadang, dibuat emak dengan ilmu sesat. Apalagi sesaat setelah diangkat dari kukusan, wanginyaaaaa, semerbak deh hihihi....tuh yang baca jadi ngiler kan hihihi....ayuk bikin yuk. Gampil banget. Resep cekidot di bawah yak 👇👇👇

Cake Kukus Coklat Pandan
Adaptasi dari : Brownies Kukus ketan Coklat Pandan

Bahan :
6 butir telur
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1 sdt cake emulsifier (SP, ovallet atau TBM)

150 gr tepung terigu
½ sdt baking powder
2 sdm susu bubuk

100 gr mentega/margarin, lelehkan
50 ml minyak sayur
2 sdm coklat bubuk + 2 sdm air panas, aduk rata hingga seperti pasta
1 sdt pasta pandan

Taburan :
75 gr keju cheddar, diparut
75 gr coklat meises/coklat beras

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x7 cm, alasi kertas roti olesi minyak goreng. Panaskan kukusan supaya beruap banyak.

2. Kocok telur, gula pasir dan garam sampai pucat. Masukkan emulsifier, kocok sampai kental, putih dan berjejak selama 15-20 menit. Gunakan mixer speed tinggi.

4. Masukkan terigu, susu bubuk dan baking powder dengan cara diayak ( dalam 2 tahap ) aduk balik/aduk lipat menggunakan spatula sampai rata.

5. Masukkan campuran mentega leleh dan minyak, aduk lipat sampai rata. Adonan dibagi 2. Satu bagian diberi larutan coklat dan satu bagian diberi pasta pandan.

6. Tuangkan adonan coklat ke dalam loyang, hentakkan loyang diatas meja 2-3 kali, untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Ini untuk menghindarkan hasil kue yang berlubang di dalamnya. Kukus menggunakan api sedang sampai keras permukaannya +- 10 menit.

7. Keluarkan loyang dari kukusan, taburi keju parut dan coklat beras sampai rata. Masukkan adonan hijau. Hentakkan kembali loyangnya. Kukus selama 25 menit. Jangan lupa tutup kukusan dialasi serbet supaya tidak ketetesan air

8. Keluarkan kue dari kukusan, balik di atas rak dan dinginkan. Potong-potong dan sajikan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Cantik, mba, cakenya. Warna hijaunya lembut banget. Minta sepotong dong...., heheheh

Boleeehhhh....masih banyak nih mbak 😁😁😁

Iya....kangen sm postingan kue2 mba Rina. Yg berasa pandan gini favorit bgt nih.

Hihi....gegara ada mainan baru, diriku jadi belagu hihihi....
Aroma pandan emang nagih. Apalqgi kalo pake pasta pandan homemade, lebih wangiiii aromanya

coklat sama pandan, sedap donk...jadi pengen makan he he he

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon