Halaman

Kamis, 13 Juli 2017

Risoles Nasi Keju

Assalamu'alaykum


Pernah bingung dalam menyiapkan bekal sekolah si kecil ? Pernah dong ya. Ibu ibu kayak kita pasti pernah mengalaminya.
Jaman anak anak masih kecil saya hampir tiap hari bingung menyiapkan bekal yang praktis. Meski anak saya sudah gede, sudah SMA, sekali waktu juga aleman pada emaknya minta dibuatin bekal. Sudah lama sih pingin bikin risol isi nasi. Biasanya selalu pake isi ragout. Kebayang betapa kenyang malan risol nasi hahahah....tapi gak apa wong kita asli perut Indonesia. Belum makan namanya kalo belum makan nasih hahah 😂😂😂 Setelah risolesnya matang, nggak disangka bapaknya anak anak doyan banget. Padahal beliau ini paling gak demen makanan berat apalagi berkeju gini. Entah doyan apa laper, gak ada bedanya. Bolak balik ke meja makan ambil risol nasi sekaligus nyocol ke sausnya 🙌🙌 Paling cocok emang dicocol ke saus sambal memang. Sekali lagi wong Indonesia, yang gak bakalan puas kalo gak makan pedas hihi..... Resep ini saya buat dalam rangka lomba @keju_prochiz di IG ya 😊😊😊

Bahan Kulit:
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm tepung tapioka/aci/kanji
1 butir telur
1/4 sendok teh garam
500-600 ml susu cair
2 sendok makan margarin, dilelehkan

Bahan Isi:
2 sendok makan margarin
1 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, dicincang halus
2 sendok makan tepung terigu serbaguna
350 ml susu cair
250 gram nasi
1 bh wortel potong dadu
50 ml air
3 batang sosis, potong bulat
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/8 sendok teh gula pasir
150 gr Prochiz Gold, potong dadu kecil

Bahan Pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas
150 gram tepung panir kasar
minyak goreng

Cara Pengolahan :
1. Kulit: aduk rata bahan kulit. Buat dadar tipis di wajan datar diameter 20cm.

2. Isi: panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan wortel, beri 50 ml air, masak sampai wortel matang. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan nasi, dan sosis, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan Prochiz Gold. Aduk rata, matikan api.

3. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat. Celup ke telur. Gulingkan di tepung panir kasar. Diamkan minimal 30 menit supaya panir lebih melekat.

4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

Untuk 18 buah



4 komentar:

  1. Cucok ni mba buat ganjel perut....
    Bener mba...makanan pedes mmg yg bikin selera makan ya. Indonesia bangeeeett, apalagi orang minang kyk aq hehe...cuman terlalu pedes gk tahan krn ada maag huhuhu...
    BTW smoga menang ya mba lombanya...

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rini
      Aamiin makasih tuk doanya 💖💖💖
      Kalo udah kena maag, tobat deh makan pedes. Mualnya itu yang bikin gak tahan. Pernah juga diriku kena maag (GERD malahan). Alhamdulillah sejak ikutan food combining jadi sehat 💪💪 Makan pedes gak masalah. Mb Monica Rampo juga udah ikutan FC loh hihi

      Hapus
  2. kebayang gurihnya, sedap ini kayaknya mba, penampakannya.. asli buat ngiler he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli bikin kenyang pastinya hahahah...kebetulan di bawa anakku pas eskul, temennya yang dibagi risol bilang enak. Alhamdulillah 😇😇😇

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.