Halaman

Minggu, 23 Juli 2017

Peanut Cinnamon Bread

Assalamu'alaykum


Ngeroti lagiiiii hihi..... Saya masih mengeksplor Breadmaker di rumah.
Beberapa kali nguleni pake BM kok rasanya belum puas. Segera baca lagi buku manualnya berulang ulang supaya paham maksimal. Akhirnya saya tertarik untuk mencoba fitur Homemade. Fitur ini bisa mengatur waktu yang dibutuhkan untuk nguleni. Semakin banyak adonan yang diuleni, biasanya semakin lama nguleni nya. Baiklah, saya akan mencoba fitur Homemade ini. Oh ya merk BM yang saya pake adalah Bread Master ya.


Setelah diniati, akhirnya dilaksanakan juga rencana bikin rotinya. Kali ini bikin cinnamon roll dan cinnamon bun. Terigu yang dipakai terigu protein sedang karena yang protein tinggi habis. Ditambah water roux pula supaya lembut hasilnya. Dan hasilnya cukup memuaskan bagi saya. Hasil rotinya empuk dengan serat lembut. Serat lembut selain karena water roux, lama pengulenan juga berpengaruh pada pembentukan seratnya. Duh seneng deh kalo kayak gini. Selama ini saya selalu terpaku pada menu regular yang ada di BM. Setelah tau menu Homemade, bisa jadi pilihan saya jika ingin menguleni lebih lama.

Bahan :
50 gr terigu protein sedang
250 ml air

Bahan roti :
600 gr terigu protein sedang
10 gr ragi/yeast instant
75 gr gula pasir
1 sdt garam halus
1 resep water roux di atas
100-150 ml air es
75 gr mentega tawar

Isi :
50 gr mentega tawar, lelehkan
150 gr gula palem + 2 sdt kayumanis bubuk
150 gr kacang tanah panggang, cincang kasar

Olesan dan taburan :
1 butir telur kocok lepas
Almond slice

Cara :
1. Water roux : campur terigu dan air di atas pan datar anti lengket sampai menjadi adonan yang licin. Nyalakan api kecil, aduk aduk sampai sedikit kental. Matikan api. Biarkan dingin, sisihkan.
2. Siapkan baskom Bread Master. Masukkan 100 ml air es, gula pasir, garam, mentega dan water roux. Menyusul terigu dan ragi instant.
3. Pasang baskom ke dalam Bread Master. Hubungkan pada stop kontak. Tekan Menu 25 (Homemade/DIY). Tekan Time - (Time Minus. Artinya breadmaker akan menghitung mundur waktu yang telah diseting). Akan muncul angka 00:30. Tekan tombol Knead. Tekan Start. Biarkan bread Master menguleni selama 30 menit.

*** Note : Ketika adonan diuleni, dengarkan suara pedal yang berputar. Jika mulai berputar lambat, buka tutupnya. Ini berarti bread maker mulai berat bekerjanya. Tambahkan air es sedikit demi sedikit. Kita bisa membuka tutup beberapa kali untuk memeriksa apakah tingkat kelembaban adonan sudah pas atau belum. Usahakan adonan agak lembek supaya mesin tidak bekerja terlalu berat.

4. Siapkan baskom besar beroles minyak. Tuang adonan ke dalam baskom besar, bulatkan. Fermentasikan sampai mengembang 2x lipat atau lebih selama 45-60 menit. Siapkan loyang lebar ukuran 26x20cm (saya pake loyang kukis). Alasi kertas roti dan olesi minyak. Sisihkan.
5. Kempiskan adonan. Bagi jadi 2 bagian yang sama. Satu bagian dibentuk cinnamon roll. Tipiskan adonan ukuran 30x40cm. Olesi mentega cair, taburi campuran gula palem dan kacang cincang. Gulung sisi panjangnya. Potong jadi 9 bagian. Tata di atas loyang. Fermentasikan 30 menit.
6. Sisa adonan dibagi jadi 8 bagian. Tipiskan bentuk oval, olesi mentega leleh, taburi gula palem dan kacang cincang. Gulung hingga setengah bagian. Kerat kerat sisanya, gulung sampai habis. Pertemukan kedua ujungnya sehingga membentuk lingkaran. Tata di loyang. Fermentasikan selama 30 menit.
7. Panaskan oven 180' C, olesi adonan dengan telur kocok dan taburi almond slice. Panggang cinnamon roll selama 30 menit. Untuk cinnamon bun, panggang suhu 200'C selama 20 menit. Angkat, olesi mentega supaya tidak kering.




6 komentar:

  1. Enak bgt itu pasti rotinya....comot atu ahh.
    Ini Rini yg di Medan mba. Aq coba bikin blog tp blm ada isinya. Msh gaptek wkkkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa asiiikkk Rini mulai bikin blog 👍👍👍 Ayo belajar diisi. Googling aja. Diriku juga dulu begitu ketika mau isi blognya 😁😁😁
      Kalo bicara cinnamon roll, sepotong gak akan cukup hahahah 😂😂😂

      Hapus
  2. Kalau mba Rini cuma comot satu, saya sih pengennya makan dua-duanya. Heheheh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeeehhh biar puas yang makan yaaa 😁😁😁

      Hapus
  3. Mba...aq mw tanya klo bikin roti mba Rina pake pisau khusus pemotong roti utk motong adonan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo potong adonan pake pisau apa saja kok. Bisa pisau dapur yang logam atau kadang pake spatula plastik.

      Tapi kalo roti udah matang, misal bikin roti loaf/roti tawar, pakai pisau bergerigi supaya halus hasil potongannya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.