Halaman

Jumat, 24 November 2017

Nasi Goreng Daun Jeruk

Assalamu'alaykum


Dalam rangka iseng (belakangan ini alasannya selalu iseng ya. Gak ada alasan lain sih 😁😁😁) memanfaatkan daun jeruk saya bikin nasi goreng.

Kamis, 23 November 2017

Sambal Ikan Asin

Assalamu'alaykum


Sudah lama saya  pingin bikin sambal ikan asin. Ini karena punya stok ikan asin di kulkas.

Rabu, 22 November 2017

Meniran

Assalamu'alaykum


Mumpung tukang sayur kemarin bawa daun pisang bagus (lebar dan tidak banyak yang robek), saya tercetus ide bikin Meniran.

Selasa, 21 November 2017

Ayam dan Tahu Masak Kecap Pedas

Assalamu'alaykum


Lagi mati gaya mau masak apa di rumah. Apalagi tukang sayur sudah menipis dagangannya ketika sampai di rumah. Hanya ada ayam dan tahu goreng.

Kamis, 16 November 2017

Tahu Goreng Cabe Garam

Assalamu'alaykum




Beberapa hari terakhir ini Ciledug diguyur hujan hampir tiap hari. Hawa yang dingin, membuat saya selalu kelaparan.

Senin, 06 November 2017

Ayam Masak Habang...kok jadi coklat ??

Assalamu'alaykum


Sudah beberapa hari terakhir saya mati gaya deh mau masak di rumah. Lihat lihat stok bahan di dapur, saya nemu cabe keriting yang sudah kering terbungkus kertas.

Minggu, 05 November 2017

Pisang Goreng Panir Isi Coklat

Assalamu'alaykum


Ketika belanja di tukang sayur, saya melihat ada pisang kepok matang. Langsung angkut deh ke rumah.

Jumat, 03 November 2017

Pia Basah Kacang Merah

Assalamu'alaykum


Ketika belanja di tukang sayur, saya melihat sebungkus kacang merah. Langsung saja disamber tanpa pikir panjang lagi.

Rabu, 01 November 2017

Selasa, 31 Oktober 2017

Cake Pisang Ambon

Assalamu'alaykum


Ketika saya batuk pilek kemarin, bapaknya anak anak beli pisang ambon. Seperti biasa, jika sakit saya selalu diberi "sajen" pisang.

Minggu, 29 Oktober 2017

Nasi Bakar Tongkol Kemangi

Assalamu'alaykum


Bertahun tahun sudah saya absen bikin nasi bakar. Hari ini kangen untuk membuatnya.

Sabtu, 28 Oktober 2017

Roti Manis Isi Pisang (No Knead Bread)

Assalamu'alaykum


Setelah di rumah ada breadmaker, saya jadi rajin bikin roti sekarang ini heheh.....tapi kali ini saya mau bikin roti tanpa ulen.

Rabu, 25 Oktober 2017

Kamis, 19 Oktober 2017

Chinese Steamed Bun (Mantau/Pau Tanpa Isi)

Assalamu'alaykum


Setelah  tempo hari sukses bikin bakpao mulus, saya ketagihan bikin lagi hihi....apalagi orang rumah juga demen pao.

Rabu, 18 Oktober 2017

Oseng Oncom Dan Kangkung

Assalamu'alaykum


Hari ini emak mau ada acara di siang hari. Sejak pagi harus persiapan untuk menu makan di rumah.

Selasa, 17 Oktober 2017

Ayam Kecap Pedas Masak Buncis

Assalamu'alaykum


Setelah beberapa hari posting kue dan puding, sekarang masak masak dulu ya. Sebenarnya saya nggak berniat masak ayam.

Senin, 16 Oktober 2017

Cake Tape

Assalamu'alaykum


Buat acara cemal cemil di rumah, sekarang emak bikin cake tape yah. Resep ini sudah lama saya simpan.

Jumat, 13 Oktober 2017

Puding Coklat Biskuit Lapis Keju

Assalamu'alaykum


Beberapa hari terakhir ini, Ciledug panas kembali setelah beberapa hari turun hujan. Orang di rumah order puding pada emak.

Selasa, 10 Oktober 2017

Sabtu, 07 Oktober 2017

Bakpao Isi Coklat dan Tips Membuat Mulus Kulitnya

Assalamu'alaykum


Yuhuuuuu....bikin bakpao lagiiiii....ini gegara saya ninggalin komen di blognya mb Monica Rampo perihal mantau.

Rabu, 27 September 2017

Cake Kukus Coklat Pandan

Assalamu'alaykum


Lagi rajin di dapur neh. Jika dihitung, agak lama juga saya gak pegang mixer. Setelah ada Breadmaker di rumah, bawaannya bikin rotiiii mulu hihi...

Sabtu, 23 September 2017

Puding Biskuit 3 Lapis

Assalamu'alaykum


Gimana cuaca di tempat anda ? Di Ciledug sangat panas sekali. Pernah sih dalam bulan September ini hujan deras dua kali.

Kamis, 21 September 2017

Cake Coklat Kopi Kukus

Assalamu'alaykum


Hapa kabaaaarrr ? Lama gak update blog ternyata ada yang nanyain. Pertama dari Irene dan yang kedua mb Sitti Taslimah.

Jumat, 25 Agustus 2017

Nugget Pisang

Assalamu'alaykum


Iseng iseng di suatu malam saya WA bapaknya anak anak minta dibelikan pisang. Tanpa diduga beliau bersedia mengabulkan permintaan saya.

Kamis, 24 Agustus 2017

Minggu, 20 Agustus 2017

Rabu, 16 Agustus 2017

Senin, 14 Agustus 2017

Roti Sobek Praktis

Assalamu'alaykum


Bikin roti sobek lagi buat ngisi blog yah. Roti sobek seperti biasa karena orang rumah sudah minta lagi.

Sabtu, 12 Agustus 2017

Sarang Semut (Bolu Karamel) Rice Cooker

Assalamu'alaykum


Setelah sukses membuat Pandan Sponge Cake, saya ketagihan menggunakan Mito Rice Cooker R1 untuk bikin cake lagi.

Kamis, 10 Agustus 2017

Pandan Songe Cake

Assalamu'alaykum



Beberpa waktu yang lalu saya menang kuis @mitoelectronic_id di IG. Hadiahnya berupa 1 buah Mito Rice Cooker R1. Alhamdulillah 😇😇😇

Sabtu, 05 Agustus 2017

Cakwe

Assalamu'alaykum


Tidak terasa sudah seminggu absen ngeblog yah hihi...lagi bingung mau bikin apaan gitu. Iseng iseng saya buka koleksi resep eh ketemu resep Cakwe.

Sabtu, 29 Juli 2017

Roti Sobek Isi Tongkol Kemangi

Assalamu'alaykum


Salah satu snack favorit jika belanja ke pasar adalah Panada. Snack dari Manado yang tergolong roti goreng ini beneran deh, bikin saya ketagihan.

Rabu, 26 Juli 2017

Puding Tape Panggang

Assalamu'alaykum


Lama bener saya gak makan tape singkong. Hampir setahun kali (kok kuat ya hihi 😁😁😁). Kangen deh.

Minggu, 23 Juli 2017

Selasa, 18 Juli 2017

Glutinous Flour Bread

Assalamu'alaykum


Masih dalam rangka bikin roti ya hihi..... Baru beberapa hari absen  udah ditanyain kapan bikin roti lagi.
Ok lah kalo begitu, emak mau kok disuruh bikin roti. Kan pake bread maker hehe 😁😁😁 Kali ini resepnya beda dikit. Roti pake tepung ketan. Iya. Ketan putih. Mau tau perbedaan teksturnya aja. Ternyata setelah matang teksturnya lentur, lembut dan fluffy. Ketika dicicip rada kenyal, eh maaf bukan kenyal ding. Legit maksudnya. Ya iyalah kan pake tepung ketan. Jadinya ya rada legit. Enak juga ternyata. Komposisi tepung ketannya dikit aja. Dari 250 gr terigu, diberi 50 gr tepung ketan. Tapi ya gitu deh, saya belum puas dengan hasilnya. Coba lihat fotonya, belum terlihat halus dan lembut. Resep di bawah ini saya tulis pembuatan secara manual aja ya, tanpa breadmaker, biar keliatan panjang gitu step by stepnya wakakakak 😂😂😂

Bahan A:
250 gr terigu pro tinggi
50 gr tepung ketan putih
70 gr gula pasir
5 gr ragi instan
15 gr susu bubuk
1 butir telur utuh
160 ml air es
50 gr mentega tawar
½ sdt garam

Cara Membuat:
1. Campur dan aduk rata bahan kering, terigu, tepung ketan, gula pasir, ragi instant dan susu bubuk. Masukkan telur dan air es, uleni sampai menggumpal.
2. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis
3. Setelah kalis,diamkan adonan selama 30-45 menit sampai mengembang 2 kali lipat atau lebih. Siapkan loyang loaf ukuran 7x21x8cm, alasi kertas roti dan olesi minyak semua bagiannya.
4. Kempiskan adonan. Bagi menjadi 5 bagian. Gilas setiap bagian berbentuk oval kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan dalam loyang berderet.
5. Diamkan lagi sampai mengembang, naik lebih dari tinggi loyang +- 1cm.
6. Oles dengan telur. Panggang di oven suhu 180' C selama 20-25 menit (atau sesuaikan suhu oven masing2)


Allah SWT berfirman:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًا
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."
(QS. Al-Isra': Ayat 24)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Kamis, 13 Juli 2017

Risoles Nasi Keju

Assalamu'alaykum


Pernah bingung dalam menyiapkan bekal sekolah si kecil ? Pernah dong ya. Ibu ibu kayak kita pasti pernah mengalaminya.

Selasa, 11 Juli 2017

Roti Sosis

Assalamu'alaykum


Bikin roti sosis nih permintaan anak dan bapaknya anak anak. Lama gak bikin roti sosis, mereka kangen katanya.

Selasa, 04 Juli 2017

Roti Manis Bantal

Assalamu'alaykum


Beberapa hari yang lalu ketika buka IG saya mendadak ngiler melihat pic di akun @keju_prochiz. Roti Manis Bantal.

Minggu, 02 Juli 2017

Martabak Kentang Kuah Cuko

Assalamu'alaykum


Dalam rangka menghabiskan kentang sisa masak sambel goreng untuk idul fitri kemarin, akhirnya saya membuat martabak kentang yang sudah direncanakan sekian lama.

Jumat, 30 Juni 2017

Roti Krenten Nanas

Assalamu'alaykum


Jumu'ah Mubarakah !
Apa kabar ? Taqabbalallaahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amalku dan amal Anda semua).

Sabtu, 10 Juni 2017

Lumpia Tahu

Assalamu'alaykum


Puasa puasa gini sebenarnya saya kurang menyukai gorengan. Karena biasanya setelah makan gorengan, tenggorokan terasa gatal.

Kamis, 08 Juni 2017

Puding Margarin Marmer

Assalamu'alaykum


Ketika hawa terasa panas, apalagi sedang puasa gini, sedikit banyak mempengaruhi keinginan ngemil seseorang. Betul kan pendapat saya ?

Selasa, 06 Juni 2017

Roti Tawar Tanpa Telur

Assalamu'alaykum


Baking lagi di bulan puasa heheh....tau deh kenapa saya mau ngeblog pas puasa gini. Entahlah, mood kayaknya sedang berbaik hati pada saya hihi 😁😁😁

Minggu, 04 Juni 2017

Martabak Telur Kuah Asinan

Assalamu'alaykum


Selamat berpuasa teman teman. Apa kabar semua ? Tumben yah saya update blog di bulan puasa hehe 😁😁😁

Senin, 08 Mei 2017

Marble Ogura Cake

Assalamu'alaykum


Tergolong telat yah saya posting  ogura cake. Sebenarnya sudah beberapa kali saya bikin ogura ini.

Rabu, 03 Mei 2017

Puding Pisang Tepung Beras

Assalamu'alaykum


Hampir sebulan lamanya saya nggak ngeblog hehe 😀😀 malu ah. Maaf ya teman jika saya absen lama. Bolak balik buka DapurManis nggak ada update terbaru.

Rabu, 05 April 2017