Caramel Banana Black Sticky Rice Flour Upside Down Cake

Assalamu'alaykum


Cake ini sudah dibuat 2 hari yang lalu. Karena di rumah ada tepung ketan hitam, bikin cemilan aja.
Ada pisang uli lagi. Pingin bikin upside down cake seperti cake kukus ketan pisang. Tapi kali ini dioven dan diberi karamel. Bikin karamelnya sih seperti biasa yah. Setelah karamelnya jadi, dituang ke loyang, kemudian pisang ditata di atasnya dan dituangi adonan ketan hitam. Panggang dengan cara steam bake. Dikukus bisa ? Bisa banget. Malah lebih moist. Setelah dingin cake ini teksturnya rada ngeprul (beremah). Rasanya light, tidak eneg karena menggunakan minyak goreng. Sensasi berpasir di lidah ala ketan hitam juga masih terasa.

Bahan pisang karamel :
75 gr gula pasir untuk karamel
100 ml air panas
8-10 buah pisang uli, potong bulat setebal 1 cm

Bahan Cake :
4 butir telur utuh
175 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier
1/8 sdt garam halus
250 gr tepung ketan hitam
200 ml minyak goreng

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat ukuran 20cm tinggi 7cm. Alasi kertas roti dan olesi minyak/margarin di semua bagiannya. Sisihkan. Siapkan loyang yang lebih besar dan air mendidih untuk steam bake. Sisihkan.
2. Pisang karamel : panaskan gula di atas wajan non stick (anti lengket) sampai berkaramel. Tuangi air panas, biarkan larut. Setelah gula larut, karamel akan sedikit mengental. Angkat dan tuang ke atas loyang. Biakan hangat/dingin. Tata pisang di atasnya, sisihkan.
3. Dalam wadah besar kocok telur, gula, cake emulsifier dan garam sampai kental, mengembang dan berjejak, kurang lebih 10 menit. Gunakan electric mixer speed tinggi.
4. Masukkan tepung ketan hitam, kocok menggunakan speed rendah (diaduk pakai spatula juga boleh).
5. Masukkan minyak goreng, aduk balik menggunakan spatula.
6. Tuang ke dalam loyang, ratakan.
7. Masukkan loyang berisi air mendidih di rak bawah oven. Masukkan juga loyang berisi adonan di rak atasnya. Panggang selama 55-60 menit. Lakukan test tusuk.
8. Setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama 10 menit supaya kokoh teksturnya. Balik di atas rak dan dinginkan.

 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Judulnya panjang bgt ya mba....hahaaa. Aq suka bgt cake ketan hitam kukus. Rasanya pengen aq makan satu loyang xixiii. Apalagi ada rasa pisangnya....maknyusss!

- Rini

Hahaha...hooh panjang banget judulnya. Ini cake enaks deh. Bagi yang demen ketan hitam layak dicoba resepnya

mba mau tanya donk apa cake kukus bisa di hias dengan butter cream tq

In syaa allaah bisa karena teksturnya rada padat jadi kuat kalo diberi buttercream. Kalo dah bikin kabar kabar hasilya yah...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon