Empis-Empis Tempe Gembus dan Tahu

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu'alaykum


Jaman saya kecil dulu, saya pernah  tinggal di Temanggung. Waktu itu saya masih TK.
Saya tinggal di Temanggung sekitar 3 tahunan. Meski masih TK saya sudah dikenalkan makanan khas setempat yang akhirnya menjadi favorit ibu rahimahullah. Makanan itu bernama Empis Empis Tempe Gembus. Ketika di Temanggung itulah saya untuk pertama kalinya mengenal yang namanya tempe gembus. Kebetulan rumah di mana saya tinggal adalah lingkungan pengrajin tahu sehingga tidak jarang saya melihat ampas tahu diambil orang untuk dijadikan tempe gembus. Yang tidak saya sangka ternyata tempe gembus ini bisa disulap menjadi makanan yang menggiurkan. Setelah kami pindah ke Solo ibu sering sekali cerita pada saya tentang kelezatan masakan ini. Sayangnya saya tidak tau resep ini. Apalagi saya dulu juga tidak tertarik untuk memasak. Lebih suka bikin kue soalnya. Barulah ketika tinggal di Ciledug, saya sering menjumpai tempe gembus ini daripada ketika tinggal di Solo. Saya pun kepingin mencobanya. Resep tempe gembus ini adalah khas masakan desa yang pedas bersantan. Untuk mendapatkan rasa pedas yang khas, gunakan cabe hijau yang diiris. Jumlah cabe yang digunakan sesuai selera aja ya. Empis empis ini sangat enak ketika sudah menginap semalam.

Bahan :
300 gr tempe gembus, potong bentuk korek api
10 bh tahu goreng segitiga, dipotong potong
150 gr daging/tetelan sapi
150 gr cabe hijau keriting, iris serong tipis
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
750 ml santan sedang
1-2 sdt garam
2 sdt gula merah (boleh dicampur gula pasir jika suka rasa manis yang sedikit tajam)

Bumbu tumbuk :
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
5 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus daging/tetelan sapi sampai empuk. Angkat kemudian potong potong sesuai selera. Sisihkan airnya, jangan dibuang.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai layu. Menyusul cabe hijau, lengkuas, daun salam dan serai. Lanjutkan menumis sampai wangi dan bumbu matang.
  3. Masukkan tempe gembus, tahu, santan dan kaldu daging. Beri garam dan gula merah. Masak sampai bumbu meresap. Matikan api.

وَمَا بِكُمْ  مِّنْ نّـِعْمَةٍ فَمِنَ اللّٰهِ ثُمَّ اِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَاِلَيْهِ تَجْئَرُوْنَ ۚ

Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan ~ QS. An-Nahl: Ayat 53

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon