Sambel Kentang Tahu Dan Telur Puyuh Bumbu Ebi

Assalamualaykum


Apa kabar ? Lama saya nggak update resep baru yah. Ini karena saya sedikit sibuk hehe....Setelah urusan selesai, biasa, males ngeblog hihi...

Sebagai pemanasan, saya masak balado kentang. Mumpung di rumah ada kentang, tahu dan telur puyuh, saya masukin sekalian biar lebih variatif. Selain itu bumbunya saya beri ebi biar rada beda. Biasanya kalo bikin sambel kentang gini saya pake terasi. Bumbu ebi cukup enak dan gurih dijadikan campuran sambel lho. Jadi kalo nggak suka terasi, ebi bisa dijadikan alternatif ya.

Bahan :
3 butir kentang
300 gr tahu kuning, potong dadu
25 butir telur puyuh, rebus, kupas kulitnya
1 butir tomat merah, potong kasar
2 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt garam
1 sdt gula merah
50 ml air

Bumbu halus :
3 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
5 bh bawang merah
2 bh bawang putih
1 sdm ebi

Cara membuat :
  1. Kupas kentang kemudian potong dadu. Cuci sampai bersih. Panaskan minyak cukup banyak kemudian goreng kentang sampai matang. Angkat, tiriskan. Goreng juga tahu sampai berkulit, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan, masukkan tomat, daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Tumis sampai tomat layu.
  3. Masukkan cabe halus, aduk sampai rata. Beri gula dan garam. Masak sampai sambal jadi mengering. Koreksi rasanya. Kalau menyukai kaldu bubuk atau penyedap rasa, silakan ditambahkan.
  4. Jika sudah pas, masukkan tahu goreng dan air, masak sampai meresap dan air habis. Terakhir masukkan kentang dan telur puyuh, aduk rata. Angkat dari api dan sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

wah enak nih mba, aku selalu ngiler kalau liat masakan merah2 gini, he he he...makan pake nasi anget mantep banget tuh...
apalagi ditambahin ebi gitu, makin enak deh...

yoi mb monic. Sambel gini paling sip emang pake nasi anget.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon