Balado Cuwe Bumbu Ebi

Assalamualaykum


Hari Sabtu yang lalu di tukang sayur saya melihat banyak ikan cuwe/pindang besek'an.
Pingin deh goreng cuwe sebagai teman sayur bening. Pasti cocok nih sayur bening ditemani cuwe goreng. Plus sambel tentunya. Saya mikir cuwenya dibikin balado aja tapi bumbunya dimodif dikit. Karena dulu saya pernah bikin sambel ebi, sekarang kok kepingin lagi. Kangen gitu dengan rasa ebi yang gurih. Sebagai penyedap sambel, ebi enak juga meski saya lebih suka terasi jika disuruh milih hehe...buat variasi aja biar nggak bosen. Resep sambelnya lebih sederhana daripada yang pernah saya bikin. Selain itu saya menambahkan santan kental supaya lebih laziz rasanya.


Bahan :
8 ekor ikan cuwe/pindang
1 butir tomat merah, iris tipis
3 lbr daun jeruk
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bahan sambel :
5 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Cuci ikan cuwe menggunakan air hangat, tiriskan. Goreng sampai matang, sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan sambel menggunakan cobek atau jika ingin lebih cepat pake blender juga boleh. Sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak, masukkan tomat iris dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai tomat layu. Masukkan cabe halus, aduk sampai agak mengering. 
  4. Beri garam, gula dan santan, lanjutkan menumis sampai santan menyusut dan sedikit mengental. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk/penyedap rasa silakan ditambahkan. 
  5. Masukkan cuwe goreng, aduk rata. Matikan api. Sajikan bersama nasi hangat dan lalap.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Putra sulung saya doyan bangeet sama ikan pindang ini...cuma digoreng biasa aja sampa nambah-nambah makannya...hehe

wah si sulung gampang dong makannya. Jaman kecil dulu kalo saya ditambahin sambel kecap um. Wuih endes banget.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon