Tahu Tempe Bumbu Rebon

Assalamualaykum


Jika saya mati ide untuk memasak biasanya untuk pelampiasan adalah menyimpan tahu di kulkas. Ini karena di rumah pada doyan sambal tahu dan nggak pernah ditolak.
Trus hubungannya apa dong dengan judul di atas ? Biasanya jika sudah nyimpan tahu di kulkas saya dapat ide untuk masak yang lain, bukan sambel tahu. Karena cuaca dingin saya ingin masak tahu menggunakan santan. Masih dengan resep sederhana ala saya tapi ditambah rebon sebagai penyedap karena saya tidak pake MSG. Alhamdulillah sudah beberapa tahun terakhir saya sudah tidak mengkonsumsi MSG atau kaldu bubuk jika masak. Kecuali terpaksa. Artinya jika menggunakan bumbu alami ini itu masih belum mantap, baru deh diberi bumbu yang saya sebut tadi. Itupun takarannya sesedikit mungkin. Awalnya memang lidah terasa hambar, tapi makin lama makin terbiasa dan terasa nikmat aja kalo makan. Oleh karena itu ketika masak sayur ini saya menggunakan penyedap alami yaitu rebon. Jika tidak ada boleh pake ebi. Hasilnya tetap enak dan sedap lho. Nggak percaya ? Yuk bikin....

Bahan :
10 bh tahu goreng segitiga
200 gr tempe
10 bh cabe ijo besar, potong miring
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 sdm penuh rebon, cuci, tiriskan
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu tumbuk :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Potong tahu menjadi 2 bagian. Potong tempe bentuk korek api, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu tumbuk, cabe ijo, daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai. Aduk sampai wangi dan cabe jadi layu. Menyusul rebon, aduk aduk lagi.
  3. Masukkan santan, tahu dan tempe. Beri bumbu garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih dan santan jadi berkurang karena meresap. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

nasi mana nasi.....kemana aja mbak??lama ngga lihat hehe

hiyaaa bu gulu. Peluk-peluuuukkk. Iya nih bete ngeblog karena ide baking cooking lagi kosong. Ini aja masih bete rasanya tapi kok nggak tega dengan rekan satu profesi alias para blogger yang kadang nggak ada bacaan hehe....(alasan)

biasanya kalo habis lama hibernasi kemungkinannya dua ya mba, jadi banyak idenya ato malah justru makin blank,
heheheu... *pengalamanpribadi :P

Punten....
Setuju bgt dg mama Aisyah, tp kl sy mah bnr2 kelamaan hibernasinya... heheheh.... walhasil bnr2 makin blank juga idenya... hahaha...

*pa kbr mba Rina... missyu...
:D

hihi bener tuh. Sekarang aja berasa masih blank kepala...

yuhuu bu gulu miss you too....
kalo bu gulu emang harus istirahat tuh biar baby nggak keganggu. Lha kalo aku kan emang lagi bete beneran hehehe.... tapi lama-lama nggak enak nih badan sama kepala, kalo sampe absen ngeblog yang udah jadi rutinitas harian

Waah... Setor nasi ya Mbaak ...
Saya jg lama ga ngeblog, keenakan sibuk sama anak2... Hehe...

hiyaaaa...ummu fatima main ke sini juga. lama kita nggak ketemu di blog ya. Malah asik dong kalo sibuk sama anak-anak. Nggak terasa tau-tau waktu udah habis ya hihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon