Cake Coklat Kukus

Assalamualaykum


Setelah beberapa waktu nggak bikin cake coklat akhirnya orang rumah request lagi. Saya sendiripun merasa sudah sakau ingin makan cake coklat.
Resepnya mirip dengan resep-resep yang ada di blog ini cuma dimodif dalam hal takaran. Hasil akhirnya hmm terasa moist, lembut dan nyokluuuttt. Cobain deh....



Bahan :
50 gr coklat bubuk
125 gr gula pasir
300 ml susu cair
200 ml minyak goreng
100 ml susu kental manis coklat
1/2 sdt garam
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
2 butir telur utuh

Cara membuat :
  1. Rebus semua jadi satu coklat bubuk, gula pasir, susu cair, minyak goreng, susu kental manis dan garam sambil diaduk-aduk. Biarkan sampai gula larut, tidak perlu mendidih. Matikan api dan biarkan suam kuku.
  2. Panaskan kukusan supaya mendidih airnya. Siapkan loyang bentuk ring/tulban diameter 22cm. Olesi dengan margarin, sisihkan.
  3. Campur terigu, baking powder dan soda kue, ayak sampai rata. Sisihkan.
  4. Dalam wadah besar kocok telur dengan mixer kecepatan sedang sampai telur jadi kental dan putih.
  5. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran tepung dan larutan coklat berselang-seling sambil dikocok sampai rata.
  6. Tuang ke dalam loyang. Kukus selama 40-45 menit. Lakukan test tusuk. Setelah keluar dari kukusan biarkan kue di dalam loyang selama 20-30 menit supaya lebih kokoh ketika dibalik. Dinginkan dan potong-potong. Sajikan.


  
 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

15 komentar

mauuuuuuuu..lama juga g makan cake aku mbk^^

benerr mba, cake coklat emang bisa bikin sakau ya, xixiixi..apalagi yang nyoklat bin moist ky gini

udah habiiisss hihi....ayo dibikin biar puas makannya.

ini cake nggak lama umurnya alias cepet habis di rumah hihi....

Mb rina pake susu cair merk apa?

saya lupa merknya. Saya pake 2 sdm susu bubuk yang dicampur air sampai 300ml.

Mba rina sblmnya terima kasih, resep2 kuenya sangat membantu. Saya mau tanya mba, mba rina kalau mixer telur, telur putihnya dan kuningnya apa dikocok terpisah? Gula, vanili dan garam apa di masukan dr awal mixer atau setelah telur mengembang? Aku berkali2 buat kue tapi bantat, aku mixer telur, gula, vanili dan garam dari awal secara bersamaan tapi tidak mengmbang, hanya sampai tahap tercampur dan berbusa2 padahal sudah di mixer sekitar 20 menit. Mohon pecerahannya ya mba, terima kasih ;)

Agak bingung dengan pertanyaan ini. Yang ditanyakan resep di atas atau resep lain ? Jika resep di atas coba baca lagi resepnya baik-baik. Gula, vanili dan garam direbus dengan susu dan minyak sampai panas dan gula larut. Sedangkan telur dikocok secara bersamaan antara kuning dan putihnya, tidak dipisah. Kocoknya pake speed sedang-tinggi selama paling 2-3 menit. Asal sudah kental dan putih sudah cukup. Jika terlalu lama malah membuat cake jadi bantat karena overmix.
Jika yang ditanyakan bukan resep di atas, maaf tidak bisa menjawab karena komposisi resepnya saja tidak tau. Kemudian cara membuatnya bgaimana, apakah dengan metode sponge cake atau butter cake ? Sebaiknya baca dengan teliti resepnya kemudian buat sesuai dengan instruksinya. Jika masih gagal coba lagi dan lagi. Jangan menyerah ya...

Maaf mba aku nanya bkn pda tempatnya, yang aku tanyakan resep brownies kukus ny. Liem. Aku baca salah satu komenan mba ini, "kunci biar nggak bantat ketika dikukus ada pada pengocokan telur dan gula. Kocok sampai putih, mengembang, kaku dan ada jejak pengocok di adonan telur."
Nah, aku udah coba resep itu, tp pengocokan telurnya ngga sampe kaku, putih dan berjejak. Jadi aku bigung di teknik pengocokannya, apa semua bahan I di campur dari awal?
Makasih lho mba, maaf buat bingung ^^V

jika pake emulsifier, kocok semua bahan I bersamaan (all in one) sampai kental, putih dan mengembang. Tapi bila emusifiernya dihilangkan, kocok dulu telur, gula, garam dan vanili sampai kental, putih, mengembang dan baling-balingnya berjejak. Kira-kira 15 menit pake mixer speed tinggi. Apabila tahap ini sudah tercapai, masukkan bahan II, aduk balik sampai rata, baru menyusul bahan III. Moga jelas ya...

oke mba, terima kasih akan saya praktekkan ^^

Mbk..cake ini cocok gak ya dijadikan basecakenya blackforest..

bisa insya allah kuat dijadikan basecakenya. Atau bisa juga diberi cake emuslfier biar lebih kokoh

Assalamualaikum... mba rina, saya sdh coba brownies ny.liem nya ikut takaran di blog mba. Enak lembut dan moist... Makasih ya mba.

skrg saya mau tanya donk, lbh enak mana ya mba cake yg coklat kukus ini atau bbrownies ny.liem...Hèhèhe.. Makasih sebelumnya. Ida.

sama-sama. syukur kalo sukses bikin browniesnya ny. liem.
kalo masalah enak dan nggak, sesuai selera ya. Kalo cake ini rasanya nyoklat juga tapi lebih ringan karena hanya pake coklat bubuk. Yang bikin beda kan lapisan tengah (pada brownies kukus) yang pake skm itu. Jadi bisa dibayangkan perbedaaan rasanya kan, hehe...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon