Halaman

Jumat, 04 Juli 2014

Usus Ayam Tumis Buncis Dan Wortel

Assalamualaykum


Setelah kemarin masak pake santan sekarang kembali masak oseng lagi. Yang jadi korban adalah usus ayam.
Kalo di rumah biasanya cuma digoreng begitu saja karena memang pada demen. Kali ini mau diolah bersama dengan wortel dan buncis biar ada sayurnya. Cara masak seperti  ini saya tiru dari alm ibu saya yang senang masak lauk dan sayur jadi satu karena ringkas. Nggak perlu masak lain yang aneh-aneh, masakan seperti ini didampingi dengan nasi hangat dan kerupuk kampung sudah cukup lezat.

Supaya usus nggak bau, saya merebusnya sebanyak 2 kali. Rebusan pertama airnya dibuang. Selanjutnya merebus air lagi bersama dengan jahe, serai dan daun jeruk  kemudian ususnya dimasukkan. Setelah empuk, sudah siap tuh si usus dimasak apa saja. Dengan cara begini insya Allah usus nggak bakal bau lagi deh.

Bahan :
250 gr usus ayam
3 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 lbr daun jeruk
200 gr buncis, potong 1 cm
100 gr wortel, potong korek api
1 sdt kecap ikan/asin
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
200 ml air
Garam, gula dan merica secukupnya

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah keriting, iris serong
3 bh cabe hijau keriting, iris serong

Cara membuat :
  1. Rebus usus dalam air mendidih selama 5 menit. Buang airnya. Rebus  kembali air bersama jahe, serai dan daun jeruk sampai mendidih, masukkan usus dan rebus selama 15 menit atau sampai empuk. Angkat dan tiriskan (jika dirasa masih bau boleh direbus lagi dengan cara yang sama diberi rempah)
  2. Potong-potong usus sesuai selera kemudian goreng sampai matang tapi jangan terlalu kering supaya tidak alot/liat. Sisihkan,
  3. Tumis bumbu iris sampai wangi, menyusul kecap ikan, lengkuas dan daun salam.
  4. Masukkan usus goreng, saus tiram, kecap manis, dan air. Setelah mendidih koreksi rasanya dan biarkan sedikit menyusut airnya.
  5. Terakhir masukkan buncis dan wortel, beri garam, gula serta merica bubuk aduk rata. Masak sebentar dan matikan api.

5 komentar:

  1. Kalo di rumahku ga ada yg suka usus deh mba, jd ya memang ga pernah masak usus... hehehe... kalo aku pribadi sih ga tau suka apaa nggak, wong belum prrnah makanin jeh...

    Hihihi....
    Kaya apa sih rasanya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong bu gulu. Di Solo usus bisa diolah jadi keripik lho. Dijual mihil pulak....

      Hapus
  2. duh mbak...oseng2 ini kesukaan ku mb....
    biasa aku minta mamak buat oseng buncis cabe hijau plus tempe. tapi cabenya lebih banyak. tambahin tauco...
    hmmmmm..... #elap iler ...eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeeehhh...ngences *lap iler jugak*

      Hapus
  3. nah ini salah satu makanan favorit,, jadi laper..
    :)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.