Halaman

Rabu, 02 Juli 2014

Tumis Oncom Dan Teri Medan

Assalamualaykum


Maaf jika seminggu terahir saya tidak update blog. Biasa internet lemot gitu. Kalo paketnya nyaris habis buat upload foto nggak bisa.
Masak satu foto butuh upload lebih dari setengah jam ? Daripada bete mending libur ngeblog dulu deh. Untuk beberapa hari ke depan Insya Allah saya akan posting entri yang tertunda ya.

Orang di rumah saya pada suka oncom lho. Biasanya saya cuma bikin Sambel Oncom yang cukup enak dinikmati dengan nasi hangat. Sekarang saya ingin mencoba numis oncom ini dengan teri medan. Dibuat sedikit pedas supaya lebih nikmat. Saya hanya pake 5 buah cabe keriting dan cabe merah besar 2 biji, udah cukup deh. Setelah matang hmmm enak banget. Pas deh oncom pedas dengan teri goreng dan nasi hangat.


Bahan :
75 gr teri medan, cuci bersih
150 gr oncom merah/oranye
50 ml air
1/4 sdt garam
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 bh cabe merah keriting, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
1 batang daun bawang, iris tipis
sejumput gula pasir

Cara membuat :
  1. Goreng teri medan sampai matang. Tiriskan.
  2. Dalam mangkok besar hancurkan kasar oncom, tuangi air dan beri garam, aduk rata.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai wangi. Masukkan oncom, aduk sampai rata dan agak kering. Beri gula pasir, koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan teri goreng, aduk rata dan angkat dari api. 


4 komentar:

  1. Saya belum pernah makan oncom nih Mbak.... Jadi penasaran, Mbak Rina berkali-kali posting oncom :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kayak tempe gembus um. Dimakan pake nasi anget dah enak banget

      Hapus
  2. Waaa... aku lama deh gak masak oncom. Kalo di kampungku oncom oren ini disebutnya "Dage". Nah, kalo tempe baru disebutnya "Oncom"

    Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok bikin buat obat kangen. Enak juga kan buat makan buka atau sahur

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.