Halaman

Sabtu, 12 Juli 2014

Sayur Loncom

Assalamualaykum


Salah satu menu buka puasa yang saya buat tempo hari adalah sayur loncom. Apa itu sayur loncom ?
Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan nama sayur ini. Sayur ini mirip dengan sayur bening. Jika biasanya sayur bening bumbunya langsung dicemplungin saja, sayur loncom pake ditumis dulu. Ciri yang lain adalah penggunaan toge/tauge kacang ijo. Dulu jaman saya kecil sering dibuatin sayur seperti ini oleh alm ibu. Sayurnya berisi jagung manis, bayem, wortel dan toge. Dinikmati hangat atau dingin tetap enak. Tapi karena kehabisan bayam di tukang sayur akhirnya saya pake sawi hijau saja. Bumbunya juga mirip dengan sayur bening biasa, bawang merah, bawang putih, temu kunci, gula dan garam. Sayangnya saya nggak suka aroma temu kunci dan saya ganti sepotong lengkuas kecil tanpa dimemarkan supaya tidak terlalu tajam aromanya.

Bahan :
1 tongkol jagung manis, potong bulat
1 batang wortel, potong bulat
75 gr toge kacang hijau
1 ikat bayam/sawi hijau, siangi
700 ml air
2 lbr daun salam
2 cm temu kunci, memarkan (saya pake lengkuas)
garam, gula pasir dan merica secukupnya

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Didihkan air dalam panci. 
  2. Sementara itu tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi.
  3. Masukkan dalam air mendidih, menyusul temu kunci, daun salam, jagung manis dan wortel. Biarkan sampai matang.
  4.  Masukkan garam, gula dan merica. Koreksi rasanya.
  5. Terakhir masukkan bayam dan toge. Aduk sebentar dan matikan api. Sajikan.


6 komentar:

  1. ya ampun,itu namanya loncom hehehe....baru tahu istilah lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru tau ya kalo namanya loncom ? padahal sering makan kayak ginian to hehe...

      Hapus
  2. oalah namanya loncom toh ini mah ibu ku sering bikin klo di rumah bahasainnya bening tumis ixixixx :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya may namanya loncom. Istilah loncom emang jarang dipake sih. Orang lebih sering nyebut bening tumis...

      Hapus
  3. baru denger mba... pasti enak nih ya... buat penebus dosa kalo abis makan yg berat2 yah...? hahaha...

    (makan tiang listrik kalee...?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...closingnya itu lho bikin ngikik...
      iya ini sayur seger banget deh. Bener tuh buat ngebilas pencernaan kalo habis makan berat....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.