Halaman

Minggu, 13 Juli 2014

Rempah Tahu Tanpa Telur

Assalamualaykum


Di dalam kulkas saya selalu menyimpan kelapa parut supaya bisa digunakan setiap saat saya butuhkan. Kelapa yang saya simpan adalah kelapa yang agak muda supaya bisa diolah jadi lauk atau kue.
Kali ini saya bikin rempah tahu untuk mengurangi stok kelapa di kulkas. Resepnya gampang mirip seperti perkedel tahu dan selanjutnya digoreng. Setelah matang enak lho, gurih karena ada kelapa parut didalamnya. Seperti judulnya rempah ini nggak pake telur tapi pake tapioka sebagai perekatnya.

Bahan :
250 gr tahu putih
1/4 butir kelapa agak muda, kupas kulit ari dan parut kasar/memanjang
2 sdm tepung tapioka/aci/kanji
garam, merica bubuk, gula pasir secukupnya

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 butir kemiri
1 sdt ebi yang direndam air panas sampai empuk

Cara membuat :
  1. Hancurkan tahu sampai halus. Masukkan kelapa parut, bumbu halus dan tapioka.
  2. Beri garam, merica dan sedikit gula. Jika suka boleh pake kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Bentuk adonan tahu menjadi bulat pipih kemudian goreng sampai matang. Jangan terlalu sering diaduk/dibolak-balik ketika menggoreng supaya tidak hancur. Jika bagian bawah sudah kering, balik sekali dan lanjutkan menggoreng sampai matang.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. buat lauk atau cemilan tetep enyak lho...

      Hapus
  2. Terima kasih resepnya mbak. Mau nanya kalau tidak pakai ebi, apakah ada penggantinya atau bisa diskip saja? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja kalo tidak suka ebi. kalo masih mengkonsumsi kaldu bubuk, pakai aja kaldu bubuk. Saya pake ebi untuk menggantikan kaldu bubuk yah.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.