BLUEBERRY CHEDDAR CHEESE CAKE

Assalamualaykum



Ketika beberapa waktu yang lalu saya blogwalking di blog Bukan Sekadar Masakan, saya kepincut dengan Slice Cheese Cake.
Membaca resepnya saya langsung membayangkan makan cheese cake yang lembut dan moist. Setelah selesai membaca saya segera bikin. Tapi waktu itu saya nggak punya keju lembaran dan hanya punya stok keju cheddar. Dan hasilnya sukses, enak. Meskipun permukaan kue retak sedikit. Kedua kalinya saya bikin lagi, bantat. Ketiga kali, bantat juga. Sempat bingung kenapa bisa sampai bantat dua kali. Setelah saya ingat-ingat ternyata saya salah setel suhu oven. Pertama kali bikin pake suhu 180° C, sedang yang kedua dan ketiga suhunya cuma 160°C. Sempat ngambek nggak mau bikin lagi karena bantat mulu. Sampai akhirnya tanpa sengaja saya tengok lagi blognya dan ingat dengan resep ini. Setelah dibaca baik-baik saya kemarin sore bikin lagi. Dan....berhasill. Senangnya.....Kejunya pun tetap pake keju cheddar bukan keju lembaran.

Cake ini rasa kejunya cukup terasa buat lidah saya. Teksturnya lembut karena dioven dengan sistem steam bake /ditim. Kemudian keju cheddar yang dipake saya blender bersama susu supaya hasilnya halus dan tidak bergerindil. Karena kalo sampai bergerindil, akan mengendap di dasar kue karena adonan yang terbentuk agak cair. Setelah tepung terigu dimasukkan ke dalam adonan sebaiknya diayak dan selanjutnya disaring supaya licin dan halus. Seperti biasa resep saya modifikasi sedikit.









Bahan :
75 gr keju cheddar, potong-potong
250 ml susu cair
50 gr mentega/margarin
3 butir putih telur
1 sdt air jeruk nipis/cuka
75 gr gula halus
3 butir kuning telur
75 gr tepung terigu
Selai blueberry secukupnya

Cara membuat :
1. Campur keju cheddar dan sebagian susu, blender sampai benar-benar halus. Tuang ke dalam panci, masukkan sisa susu dan rebus menggunakan api sedang, masukkan margarin. Setelah margarin meleleh (tidak perlu mendidih) matikan api dan biarkan dingin.
2. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Olesi loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas roti, olesi margarin semua bagiannya dan taburi terigu tipis-tipis. Siapkan air panas/mendidih untuk mengoven kue.
3. Kocok putih telur dan air jeruk nipis/cuka sampai mengembang. Masukkan gula halus dalam 2 tahap sambil dikocok dengan speed tinggi sampai kaku dan mengkilat (jika telur dibalik tidak akan jatuh dari wadahnya). Sisihkan.
4. Dalam wadah lain, kocok kuning telur sampai rata saja. Tuangkan susu+keju sambil dikocok dengan speed rendah.
5. Masukkan tepung terigu sambil diayak. Kocok rata. Jika bergerindil, saring adonan supaya halus dan licin.
6. Masukkan putih telur kaku dalam 3 tahap, aduk balik menggunakan spatula sampai rata.
7. Tuangkan ke dalam loyang. Letakkan loyang berisi adonan ke dalam loyang/pinggan yang lebih besar dan berisi air panas. Oven selama 60 menit. Lakukan test tusuk.
8. Setelah matang biarkan kue didalam oven selama 10 menit. Kue akan merenggang sedikit dari sisi loyang. Keluarkan dari oven, balik dan kelupas kertasnya. Biarkan dingin, potong-potong dan sajikan bersama selai blueberry.




Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

beberapa waktu lalu pernah buat CCC juga...
hasilnya emang lembut dan ngeju banget....
tp sayang... di rumah nggak seberapa doyan ciskek..hiksss...
pengen buat lagi lihat ciskek mb rina... ^_^

biar cepet habis bawa ke sini aja mb mimie, hehe...
emang kok, lidah itu beda-beda. Dulu saya juga nggak doyan keju. Menurut saya asem gitu rasanya. Tapi pelan-pelan akhirnya doyan juga...

kayaknya enak ..udah lama pengen bikin cheese cake tapi belum nemu moodnya nih...

enyak lho mb erika *komporin aja biar buruan dibikin*

tambah kereennnn aja picnya....

waaa...mb analisa. Makasih ya tuk pujiannya...
blognya diupdate dong biar aku ada bacaan gitu, hehe...

Lagi blogging blue mba.. Xixixi... Mo nyobain bikin ciskek jg aahhh... *Kena virus

yuk yak yuk dibikin cheese cakenya mb Analisa...

Hai mba rina, ini bisa dikukus ga yah..? Kebetulan ga ada oven nih..:(

wah belum pernah nyoba tuh mbak hehe...maaf jika jawabnya tidak memuaskan ya...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon