NASI BAKMOY

Assalamualaykum



Pagi ini cuaca di Ciledug mendung. Semalam baru saja turun hujan, tapi sebentar. Alhamdulillah sudah mendapat berkah dan rahmat dari Allah yang sudah lama ditunggu. Lumayan, udara tidak begitu panas sekali seperti kemarin-kemarin. Tanaman juga bisa dapat air tanpa saya sirami.


Hari ini saya masak Nasi Bakmoy. Dapat resep dari Cik Ine. Kata Cik Ine, Nasi Bakmoy biasa dihidangkan di rumah duka. Sudah beberapa kali saya masak Nasi Bakmoy ini. Sekali mencoba, saya langsung cocok dan biasa saya sajikan untuk hidangan sehari-hari. Enak, bahannya juga mudah didapat. Seperti biasa resepnya sudah saya modifikasi sesuai selera saya ya.

Bahan :
1/2 ekor ayam
250 gr tahu putih, potong dadu
2 cm jahe dimemarkan
5 butir bawang merah, dicincang kasar
3 siung bawang putih dimemarkan
2 sdm ebi, rendam air panas, haluskan
1 sdm kecap ikan/asin
5 butir telur rebus
300 ml kaldu ayam
10 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
garam secukupnya
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Bahan kuah :
700 ml kaldu ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
garam secukupnya

Air bawang (kedua bahan dicampur jadi satu):
2 siung bawang putih dihaluskan
100 ml air matang suhu ruang

Cara membuat :
1. Rebus ayam dengan air sampai empuk. Angkat, tiriskan. Sisihkan kaldunya, ukur sebanyak 1000  ml.  Ambil dagingnya dan potong dadu Sisihkan.
2. Goreng tahu sampai setengah matang, sisihkan.
3. Tumis jahe sampai wangi, masukkan bawang merah, bawang putih dan ebi. Tuangi kecap ikan/asin. Masukkan ayam,tahu dan telur rebus. Beri kecap, saus tiram dan tuangi kaldu ayam. Bumbui garam, gula dan merica. Masak sampai meresap dan kuah mengental.
3. Kuah : Rebus kaldu sampai mendidih, beri garam dan merica. Masukkan daun bawang.
4. Penyajian : dalam sebuah piring letakkan nasi secukupnya, beri tumisan ayam dan tahu beserta telur. Beri sedikit kuah tumisan. Guyur dengan kaldu ayam panas dan sesendok air bawang. Sajikan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

1 komentar so far

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon