Halaman

Sabtu, 08 September 2012

BENING BAYAM DAN PERKEDEL TAHU

Assalamualaykum



Ngiler nggak liat fotonya ? Seger ya, hehehe.... Cuaca akhir-akhir ini yang panas sekali baik siang maupun malam, membuat saya ingin makan yang seger-seger. Salah satunya ya Bening Bayam ini. Sayur yang mudah dibuat tinggal cemplang cemplung dan ditunggu mendidih,
udah jadi deh. Bening bayam pada umumnya memakai rempah temu kunci. berhubung saya kurang suka bila bening bayam memakai temu kunci, maka saya tidak memakainya. Untuk gantinya saya hanya memakai sedikit lengkuas dan daun salam saja. Rasa bening bayam ini saya buat agak manis mengikuti selera orang rumah.

Sebagai teman makan Bening Bayam ini saya membuat perkedel tahu, sambal tempe dan menggoreng ikan asin. Resep bening bayam dan perkedel tahu akan saya sharing di bawah. Sedang sambal tempenya ada DISINI. Adonan perkedel tahunya saya beri sedikit tapioka. Tapioka ini berfungsi untuk menyerap air yang ada dalam tahu supaya adonan tidak terlalu lemas. Bila terlalu lemas akan sulit untuk dibentuk.

BENING BAYAM
Bahan :
750 ml air
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 cm lengkuas
2 lbr daun salam
2 bh jagung manis, potong-potong
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 bh labu siam, potong dadu
1 ikat bayam, siangi dan cuci bersih
1 bh tomat merah, potong-potong

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci masukkan air, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam dan jagung. Rebus sampai mendidih.
2. Bumbui garam, gula dan merica. Cek rasanya. Masukkan labu siam, masak sampai setengah matang.
Masukkan daun bayam, didihkan sekali lagi sampai bayam menjadi layu. Angkat dari api. Masukkan potongan tomat. Tuang sayur bayam ini ke dalam tempat sayur, sajikan.



PERKEDEL TAHU
Bahan :
1 bh (350 gr) tahu putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 butir telur
1 sdm munjung tepung tapioka/kanji/aci
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Campur jadi satu tahu halus, daun bawang, telur, tapioka dan bumbu halus, aduk rata.
2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Ambil sebanyak 1 sendok makan bentuk bulat dengan cara ditimang-timang menggunakan telapak tangan. Pipihkan sedikit. Masukkan dalam minyak panas, biarkan bagian bawahnya berubah warna menjadi kecoklatan. Balik sekali, goreng sampai matang.




5 komentar:

  1. Salam kenal mb Rina...Blognya bagus deh mbak. Picnya kereeeennn....

    BalasHapus
  2. salam kenal, mba Rina...

    resepnya mantabh^^
    oiya, kalau perkedel tahunya mau dicampur daging. kira2 perlu ditambah lagi ga jumlah telur & takaran tepungnya??? makasiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditambah 1 butir lagi. setelah itu digoreng dulu 1 bh, diliat ambyar/hancur apa nggak. Jika ambyar, tambahi telur lagi. Kalo ditambah tapioka hasilnya agak padat. Tapi itu terserah seleranya mysha ya, apakah mau ditambah tapioka atau tidak.

      Hapus
  3. owh ya mba rina saya mau tanya klo buat pekedel tahu,tepungnya diganti yang lain bisa gk ya?

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.