Halaman

Minggu, 30 September 2012

AYAM TERIYAKI DAN SALAD MAYONAISE

Assalamualaykum





Beberapa waktu yang lalu di sebuah grup dapur yang saya ikuti, salah satu membernya bertanya tentang cara membuat salad mayonaise ala restoran Jepang.

Sabtu, 29 September 2012

PEPES ONCOM DAN IKAN ASIN

Assalamualaykum




Hari Kamis  yang lalu tabloid langgganan saya datang. Langsung deh saya buka sambil melihat-lihat macam-macam resep di dalamnya. Nggak disangka saya langsung merasa "tersangkut" di salah satu resepnya. Judul masakannya Pepes Oncom Ikan Asin.

Rabu, 26 September 2012

KUE LUMPUR UBI

Assalamualaykum


Sudah lama saya ingin membuat kue lumpur ini. kebetulan ada sisa ubi jalar di dapur. Tempo hari cuma dikukus aja. Kali ini saya buat kue lumpur, tapi selalu ragu. Bikin apa nggak ya. Maju mundur terus. Alasannya karena lamaaaa deh bikinnya. Pemalas niiii....hehehe....Setelah dikerjain, eh ternyata emang lama. Sekali manggang, membutuhkan waktu 25 menit. Bete deh...Tapi dengan penuh perjuangan selama beberapa jam (halah...) selesai juga kuenya.

Selasa, 25 September 2012

SUS GORENG WORTEL

Assalamualaykum




Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk nulis di blog lagi. Beberapa hari terakhir ini saya agak kurang nyaman bila sedang ngeblog atau fban. Masalahnya, kedua mata saya terasa sakit begitu membuka laptop. Terasa berdenyut-denyut di bagian mata sebelah atas, persis di bawah alis.

Jumat, 21 September 2012

TAHU TUMIS BROKOLI

Assalamualaykum



Setelah kemarin masak yang berkuah, kali ini saya masak yang mudah dan cepat aja. Tumis sayur. Ya. Masak yang ditumis memang mudah dan cepat. Tapi sempat bingung mau masak yang tidak pake daging, karena beberapa hari ini makan daging melulu.

Kamis, 20 September 2012

NASI BAKMOY

Assalamualaykum



Pagi ini cuaca di Ciledug mendung. Semalam baru saja turun hujan, tapi sebentar. Alhamdulillah sudah mendapat berkah dan rahmat dari Allah yang sudah lama ditunggu. Lumayan, udara tidak begitu panas sekali seperti kemarin-kemarin. Tanaman juga bisa dapat air tanpa saya sirami.

Sabtu, 15 September 2012

CAKE TAPE KISMIS

Assalamualaykum



Aduuuuhhh....ingin update blog rasanya kok agak malas. Beberapa hari terakhir ini badan terasa tidak enak. Biasalah, perempuan kalo tiap bulan pasti seperti itu. Bila bangun tidur di pagi hari punggung terasa pegal, linu dan kepala pusing. Tapi tetap saja badan dikuatkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Selain itu keinginan untuk update blog juga tidak bisa dihindari. Maaf ya bila saya telat update blog, pasti teman teman sudah menuggu ( geer ) tulisan saya lagi....

Kamis, 13 September 2012

BOLA TAHU BUMBU KARI


Assalamualaykum



Bola tahu ini saya buat karena awalnya ingin martabak tahu. Ketika mau dimasukkan ke dalam kulit lumpia, ternyata kulit lumpia yang dibeli banyak yang sobek. Akhirnya dibuat aja bola-bola tahu. Rasanya enak juga. Buat ngemil dan ngeteh cocok...

Senin, 10 September 2012

NAGASARI WORTEL

Assalamualaykum



Alhamdulillah akhirnya selesai juga membuat resep untuk Monthly Event #14 grup Pawon Ibu di fb. Tantangan bulan ini adalah WORTEL. Seperti biasa pake acara bingung dulu sebelum mau bikin apa. Sempat terlintas pingin bikin ini dan itu.

KONVERSI RESEP CAKE SESUAI LOYANG

Assalamualaykum

Sumber : Cik Ine Elkaje

Sering kali kita ingin mencoba suatu resep cake, tetapi tidak punya loyang yang pas dengan ukuran bahan dalam resep tersebut. Atau....ingin menyesuaikan kebutuhan, sehingga harus menyesuaian besarnya cake. Misalnya, di resep menggunakan loyang 30X30X7 cm, sementara kita hanya punya loyang bulat diagmeter 20 cm tinggi 7 cm.

Minggu, 09 September 2012

CAKE TAPE NASI

Assalamualaykum




Beberapa hari yang lalu ada sisa nasi sepiring. Mumpung masih punya ragi tape dibuat aja tape nasi. tadi pagi tapenya sudah matang. Panen deh...(sak uprit kok panen). Tapi sempat binun mau

Sabtu, 08 September 2012

MARTABAK TAHU

Assalamualaykum



Setiap pagi di depan rumah selalu lewat seorang ibu penjual cemilan. Salah satunya Martabak Tahu. Sayangnya martabak tahunya itu pedas sekali. Adonan tahunya diberi cabe. Pernah suatu kali setelah memakan 1 buah martabak tahu, ulu hati saya langsung terasa panas. Alamat sakit maag langsung kumat. Setelah kejadian itu agak ragu untuk membeli lagi.

BENING BAYAM DAN PERKEDEL TAHU

Assalamualaykum



Ngiler nggak liat fotonya ? Seger ya, hehehe.... Cuaca akhir-akhir ini yang panas sekali baik siang maupun malam, membuat saya ingin makan yang seger-seger. Salah satunya ya Bening Bayam ini. Sayur yang mudah dibuat tinggal cemplang cemplung dan ditunggu mendidih,

Jumat, 07 September 2012

SAYUR LODEH

Assalamualaykum



Salam Jum'at Mubarak.
Apa kabar teman ? Hari ini saya masak Sayur Lodeh. Sayur ini tergolong sering saya buat untuk menu sehari-hari. Bumbunya seperti biasa, sama seperti sayur lodeh lain, menggunakan tempe semangit (tempe yang sudah berumur lebih dari 3 hari ).

KUE MANGKOK TAPE NASI

Assalamualaykum




Ahamdulillah kondisi badan sudah lebih baik setelah terkena batuk dan pilek selama 10 hari. Korban pertama setelah sembuh adalah kue mangkok. Jangan bosan ya kalo saya bikin macam macam kue mangkok

Kamis, 06 September 2012

KUE LAPIS BERAS

Assalamualaykum




Alhamdulillah akhirnya bikin juga kue lapis beras ini. Lapis ini pewarna birunya memakai kembang Teleng. Seperti biasa warnanya selalu jadi pucat bila memakai pewarna alami. Supaya tidak terlalu pucat lapisan paling atas saya beri pewarna pink supaya keliatan manis gitu, hehehe....

TEMPE MENDOAN

Assalamualaykum



Setelah mudik lebaran, baru kali ini deh update resep lagi. Mudik tu sebenarnya menyenangkan. Bisa ketemu sodara dan teman-teman lama. Rame dan sangat heboh, diajak bukber dan maksi sana-sini. Begitu udah balik, alamaaaaakkk....

Selasa, 04 September 2012

CREAM CHEESE BROWNIES


Assalamualaykum



Apa kabar semua ? Mohon maaf lahir dan batin ya teman. Selama berteman, saya tentu banyak salah terhadap teman-teman semua. Dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf kepada teman-teman.

BROWNIES KUKUS SEHAT


Assalamualaykum


Biarpun lagi puasa tetep aja kangen bikin kue. Kali ini korbannya si brownies. Brownies ini saya dapat di grup Kuliner Enak-Sehat-Alami yang dipawangi Pak Wied Harry (http://www.facebook.com/groups/172601936151172/permalink/330466177031413/ ).

PUDING BROWNIES

Assalamualaykum




Bikin puding lagiiiii....mumpung puasa bikin puding aja deh yang gampang dan nggak refot. Nggak capek, irit tenaga pulak.

PUDING SUTERA


Assalamualaykum


Panas-panas gini paling enak memang makan puding dingin. Sueger....Kali ini saya terprovokasi untuk membuat puding sutera. Foto puding ini selalu menggairahkan untuk dinikmati. Paduan puding susu dan sirup jeruk, hhmmm...

BLACK BOTTOM BANANA CAKE

Assalamualaykum





Sudah lama saya simpan resep ini. Saya mencontek dari blognya Mbak Hesti. Makasih ya mbak...Seperti biasa saya suka gatal utak-atik resep. Pisangnya pake pisang ambon. Jumlahnya pun saya tambahi. Pakai susu bubuk lagi. Hasilnya Alhamdulillah wangi dan enak.

KROKET NASI

Assalamualaykum





Setiap hari di rumah selalu ada nasi sisa. Bosan kalo digoreng mulu. Bikin kroket aja. Setelah googling dan liat stok bahan langsung bikin deh. Ndilalah di Indosiar Pak Wied Harry juga bikin kroket nasi. Toss deh pak...

PISANG GORENG PASIR

Assalamualaykum



Tadi pagi dapat hadiah pisang uli dari hubby.Maksudnya disuruh bikin pisgor gitu, hahaha.....Kali ini pisgornya tidak digoreng seperti biasa, tapi digulingkan ke bread crumb alias tepung roti. Enak, kriuk kriuk....

KETAN BIRU ISI AYAM

Assalamualaykum





PR GRUP DAPUR AISYAH, JUNI 2012

Alhamdulillah selesai juga peernya. Ide awal ingin membuat semar mendem. Tinggal bikin kulitnya, tapi badan udah capek duluan. Akhirnya saya buat aja bentuknya bulat bulat, diisi ayam dan diguyur kuah santan. Alhamdulillah enak juga. Sehari langsung habis.

TAHU SUSUR

Assalamualaykum



Tau nggak tahu susur ? Tahu isi gitu loh. Tahu ini diberi nama tahu susur karena mirip susur atau tembakau yang dipakai nyirih nenek nenek jadul. Tahu disumpelin isi sampe penuh hingga mirip susur.

SAMBAL TEMPE

Assalamualaykum





CHIFFON CAKE COKLAT

Assalamualaykum



Chiffon ini saya buat tadi malam. Setelah dijepret barusan, langsung naik tayang fb deh. Chiffonnya saya buat dalam rangka memerawani loyang baru, hihihi....Kemarin ketika jalan jalan dan berniat cari pisau, malah ketemu loyang chiffon bongkar pasang. Ya udah beli ajah.

SELAD SOLO ALA RINA

Assalamulaykum





Selad Solo ini kalo di Solo biasa disebut dengan Racikan Selad. Semur daging bersama sayuran rebus, kentang goreng dan mayonaise diracik (ditata) diatas piring. Enak dinikmati kala cuaca sangat panas, karena selad ini tergolong hidangan dingin. Jaman dulu, racikan selad hanya dinikmati kalangan piyayi atau bangsawan. Selad ini kadang disebut juga dengan Bistik Jowo, hehehe....

SATE KERE

Assalamualaykum



SATE KERE alias SATE GEMBUS

Hufffttt....berakhir sudah sesi pengambilan foto yang melelahkan. Mendung dari tadi pagi membuat foto kurang bagus hasilnya. Jeprat jepret dari jam 10 pagi, teteeeep aja nggak tajam gambarnya.

TUMIS KIKIL DAN SAYUR

Assalamualaykum





Masakan sederhana tapi enak. Alhamdulillah....

KUE MANGKOK UBI

Assalamualaykum




Ada ubi ungu di tukang sayur. Ketika dikukus kok kurang manis rasanya. Langsung kepikir pingin bikin kue mangkok lagi. Resepnya saya ambil dari tabloid KOKI. Tapi resep ini sudah saya modif, baik bahan maupun komposisinya. Resep asli nggak pake santan,

KUE MANGKOK TAPE

Assalamualaykum



Alhamdulillah masih bisa bikin kue lagi. Tempo hari bikin chiffon tape, sekarang kue mangkok tape. Kue mangkok ini resepnya berasal dari Bu Sisca Suwitomo di acara AROMA yang dulu disiarkan Indosiar. Cocok banget

SAYUR NANGKA DAUN SINGKONG

Assalamualaykum




Sayur ini saya buat dalam rangka memanfaatkan kaldu ayam. Bumbunya juga simpel, tinggal diuleg, tumis, cemplungin ke sayur. Sayur ini lebih enak rasanya bila sudah menginap semalam. Jadi dibuat sore hari, diamkan semalam. Keesokan harinya panaskan kembali dan siap dinikmati. Ini resepnya ya....

Bahan :

500 gr nangka muda, potong potong
1 ikat daun singkong yang telah direbus
500 ml air kaldu ayam/sapi
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
2 lbr daun salam
sepotong lengkuas, memarkan
2-3 sdm gula merah, disisir (menurut selera aja)
garam secukupnya

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt jintan
1 sdt ketumbar
5 cm kunyit
5 butir kemiri

Cara membuat :
1. Rebus nangka sampai empuk +- selama 15 menit, tiriskan, buang air rebusannya.
2. Dalam panci, didihkan kaldu ayam, masukkan nangka.
3. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam dan lengkuas.
4. Masukkan bumbu tumis ke dalam rebusan nangka, beri gula merah dan garam. Biarkan mendidih.
5. Masukkan santan dan daun singkong rebus. Koreksi rasanya. Didihkan sekali lagi. Matikan api.

PUDING KENTANG COKLAT

Assalamualaykum




Untuk snack hari ini saya bikin puding kentang coklat. Habis jalan jalan ke blognya Mbak Hesti. Ini yang ketiga kalinya saya bikin puding kentang. Pertama kali sekitar 10 tahun yang lampau. Waktu itu setelah praktek sekali, resepnya hilang !