Spiced Apple And Banana Bundt Cake

بِسْمِ اللهِ لرَّ حْمنِ الرَّ حِيْمِ

Assalamu'alaykum 


Sebenarnya sudah beberapa hari ini saya sudah berencana untuk bikin snack praktis  yang menggunakan pisang. Tapi kenapa hobi selingkuh resep kok susah hilang dari hati ya, eeaaaaa...
Niatnya pingin bikin snack A, begitu membuka buka file resep, akhirnya kepincut resep lain, resepnya Averie Cooks. Penyebabnya karena di kulkas punya apel manalagi. Bumbu spekoek juga punya. Tau kan apel manalagi ? Yang warnanya kuning kehijauan itu lho. Tekstur apel manalagi ini keras, kres kres jika digigit dan rasanya asam manis. Pas untuk dibuat kue. Jika gak punya apel, cemplungi kismis aja. Enak juga kok. Tanpa babibu, saya langsung capcus ke dapur untuk uprek uprek. Seperti biasa resep saya ubah menyesuaikan ketersediaan bahan di rumah. Sudah lama saya nggak bikin cake beginian. Banana Bread kayak gini maksudnya. Setelah matang ya allaah enak banget... Moist, nggak seret, tidak terlalu manis, lembut dan ketika digigit apelnya memberi sensasi renyah. Bumbu spekoeknya hanya samar-samar tercium. Pas dipadukan dengan apel dan pisang. Pake cinnamon (kayumanis) bubuk boleh kok jika gak punya bumbu spekoek, toh bumbu spekoek pake kayumanis juga.

Spiced Apple And Banana Bundt Cake
Sumber : Averie Cooks
Modifikasi : Rina Audie


Bahan :
50 gr mentega tawar
50 ml minyak sayur
150 ml homemade buttermilk (140ml susu cair hangat + 10ml jus lemon/nipis)
150 gr gula pasir
2 butir telur utuh
1/4 sdt garam halus
250-300gr pisang ambon yang matang, hancurkan kasar
2 butir apel manalagi, kupas, potong dadu
250 gr terigu serbaguna
1 sdm tepung jagung/maizena
1,5 sdt soda kue
1/2 sdt bumbu spekoek (boleh ditambah jika suka aroma yang kuat)

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bundt (lubang tengah) diameter 22cm tinggi 8cm. Olesi mentega dan taburi tepung. Panaskan oven suhu 180 derajat C. Sisihkan.
  2. Lelehkan mentega, masukkan minyak sayur, aduk rata. Tuang ke dalam baskom besar. Menyusul gula pasir, telur, homemade buttermilk dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan pisang dan apel, aduk rata kembali.
  4. Campur terigu, tepung jagung, soda kue dan bumbu spekoek. Ayakkan di atas adonan cair tadi. Aduk menggunakan spatula sampai rata. Jangan overmix. 
  5. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 30-35 menit. Lakukan test tusuk. Jika lidi keluar bersih tandanya sudah matang. Keluarkan dari oven. 



Dear Allaah,
Thanks for beautiful life that you have given to me. Thank you for this food you have given for my family. Forgive me for everything that I have done wrong. Only one word for you. SubhanAllaah. I love you and I always will.

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكَ تَتَمَارَىٰ

Maka terhadap ni`mat Tuhanmu yang manakah kamu ragu-ragu ? ~ QS. An-Najm 55 


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

aihhh cakenya menggoda sekali mba...itu potongan apelnya kelihatan, enak banget kayaknya..

eh tau ga mba, aku belum pernah loh nemuin apel manalagi di Batam, beneran eh mba...apa aku yang kuper ya, he he he...
mba yang ini aku bookmark ya, mupeng banget...tapi pake apel fuji atau apel granny smith enak juga kali ya..

Hayuk hayuk dibikin mb Monica. Pake apel yang keras deh pokoknya biar Ada sensasi kres ketika digigit. Kemarin dalam hitungan cake ini ludes loh. Mungkin pada kangen Karena saking lamanya gak bikin snack ginian

hobi selingkuh resep,hahahaha..ngakak tau baca itu mbak.aku kok jadi mbayangin pas diggit krenyes2 gitu ya..mbak,punya IG g?

Enyak lho ini cakenya. Yuk bikin.
IG-ku Rina Audie ya. Hayuk follow-follow an IG

Di IG ada pic mba rina gk? Aku sering mampir ke blog mba buat liat resep2 baru maupun yg lama. Tp gk tau mba rina kyk apa orangnya yaaa...penasaran.

makasih jika sering mampir ke blog ini. Udah dipraktekin kan resepnya ?
IG ku nggak ada pic tentang diriku. Semua pict makanan (makaaannn mulu). Malu dan nggak pede mau majang wajah, takutnya ntar jadi fitnah heheheee....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon