SUP OYONG DAN SOUN

Assalamualaykum


Sebelum menulis entri saya ingin mohon maaf kepada para pengunjung Dapur Manis yang telah menunggu entri terbaru. Memang, Dapur Manis vakum selama seminggu lebih.
Hal ini karena saya membantu kakak ipar merawat ibu mertua yang sedang sakit. Nginep di rumah kakak ipar gitu. Ibu mertua saya telah berusia cukup lanjut, 91 tahun. Dengan usia setua itu kondisi kesehatan beliau memang sering naik turun. Sudah 2-3 bulan terakhir kondisinya demikian. Karena ada kesibukan baru itulah,otomatis saya tidak bisa terjun ke dapur meskipun di rumah kakak ada oven gas yang canggih (setelah liat mereknya jadi ngiler, pingin juga hihi...)

Untuk mengisi blog ini saya bikin Sup Oyong dan Soun. Sejak kemarin hujan terus dan terasa amat dingin. Cocok makan sup panas-panas. Setelah selesai langsung dijepret biarpun dalam kondisi mendung gelap dan gerimis. Hasilnya sedikit mengecewakan. Kurang tajam biarpun dijepret berkali-kali.

Bahan :
1000 ml air kaldu
1 bh bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, memarkan
5 bh bakso, iris tipis
2 bh oyong/gambas, kupas, potong bulat
1 bh wortel ukuran besar
100 gr soun, seduh air panas, tiriskan
1 daun bawang (saya lupa gak pake)
1 bh tomat merah, potong-potong
1/4 biji pala parut
garam, gula, merica secukupnya
bawang goreng untuk taburan.

Cara membuat :
1. Didihkan air kaldu. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Masukkan ke dalam kaldu mendidih.
2. Masukkan wortel dan bakso. Bumbui dengan pala, garam, gula dan merica. Jika suka kaldu bubuk bisa ditambahkan. Cek rasanya.
3. Setelah mendidih kembali masukkan oyong, daun bawang dan tomat. matikan api.
4. Dalam sebuah mangkok sayur, letakkan soun yang telah diseduh. Tuang sup oyong di atasnya, taburi dengan bawang goreng. Sajikan panas.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

9 komentar

baru tau,,ternyata oyong itu di tempatku di panggil gambas lho mb rina...:)

sama mbak mimie... di tempatku juga gambas... mba rina, jernihnyaaaa pake kamera baru ya???? ^^

iya mb mimie...
saya yang orang Jawa nyebut gambas juga...

jernih mb analisa ? duh maturnuwun...
itu pake kamera lama mbak, belum punya yang baru, hihi...
perasaan hasilnya agak blawur/kabur deh, kurang tajam gitu...

sempat bingung oyong itu apa, ternyata gambas ya Mbak....baru tau klo ternyata bisa dipake mbikin sup jg, biasanya buat sayur bening sama bayam dan jagung aja :)

halo Mbak Rina, salam kenal yah. inna suka baca postingan2 mbak. fotonya juga cakeps.

btw, mau nanya mbak, jadi oyong itu dimasukkan sebentar saja yah?, selama ini kalau si mbak masak suka agak dilamain *aku ga doyan oyong sih, tp kalo masak sendiri aku suka agak setengah matangin termasuk sayur lain*

silakan dicoba um bikin sup gambas. Enak lho...

salam kenal juga mb innaputri...
Saya sih seneng oyong/gambas yang dimasak sebentar. Kalo kelamaan suka lonyot deh *halah* lembek gitu
tapi tergantung selera sih mbak , mau dimasak seberapa lama....

makasih tuk komen dan kunjungannya di Dapur Manis mbak inna....

wah seru. izin saya share di blog saya ya mba, kebetulan saya bahas sayur oyong tapi bukan resepnya sih hehe. sama izin copy gambar boleh? hehehe

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon